Tuesday, September 27, 2016

RPP SILABUS Kurikulum 2013

BUKU KERJA GURU SENI BUDAYA KELAS VII KURIKULUM 2013


Setiap manusia sudah mengenal namanya seni dan ini sudah diterapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Seni juga sudah menjadi suatu kebutuhan manusia dan sebenarnya sudah ada di dalam diri manusia tersebut, mungkin tanpa disadari alam semesta ini juga terciptakan dari unsur seni dan Tuhan juga memberikan sifat seni pada setiap makhluk ciptaanNya sehingga seni pun dapat dikaitkan dengan hal spiritual atau religi dalam suatu unsur kebudayaan. Namun seni itu berupa ekspresi manusia yang berunsurkan keindahan yang diungkapkan melalui suatu media yang bersifat nyata dan dapat dinikmati oleh panca indera manusia.
Awal mula seni yaitu dari Manusia purba yang hidup kira-kira 10.000 sampai 60.000 tahun yang lalu meninggalkan bekas atau goresan barang yang seni di gua-gua Perancis Selatan, Spanyol, dan Maroko. Di Indonesia pun juga mempunyai barang peninggalan seni di daerah Sulawesi Selatan yaitu terdapat lukisan atau gambar cap tangan, babi, ikan, perahu, dan manusia. Lukisan yang terdapat pada dinding gua bukan sekedar lukisan biasa, karena lukisan tersebut diselimuti suasana sacral dan religious.

Dimulai dengan pembentukan sebuah tempat dimana manusia tinggal. Pada jaman dulu dimana kebutuhan dasar manusia terhadap tempat tinggal hanya dipengaruhi oleh cuaca dan alam sekitarnya, mungkin belum terlintas untuk berpikir keindahan karena pada jaman itu hal yang sangat mempengaruhi kebutuhan hanyalah bagaimana mereka dapat selamat dari keadaaan cuaca buruk dan binatang buas. Dengan perjalanan waktu dimana kehidupan mulai meningkat kepada kebutuhan lain selain dua hal diatas, manusia mulai memikirkan keindahan yang dapat dilihat dari bentuk bentuk geometris dan lekukan lekukan pada benda benda pakai seperti pegangan pisau dan beberapa alat rumah tangga.
Sampai pada kemajuan yang sangat dramatis dimana ditemukannya rumus rumus mathematis yang dapat menirukan bentuk bentuk alam kedalam bentuk yang dapat diukur, membuat kebutuhan akan keindahan menjadi lebih utama apalagi ketika sebuah kerajaan mulai memperlihatkan kekuasaannya, keindahan menjadi ukuran tingkat kehidupan sosial saat itu.
Sejarah seni dimulai dari saat manusia mulai berpikir akan nilai nilai tambah bagi kehidupan spirituilnya. Disana sering terdapat benda – benda istimewa yang memberikan kekuatan spirituil dibentuk dengan sangat memikirkan keindahan, sehingga diperlukan keahlian khusus didalam membuatnya.
Sudah barang tentu orang yang diberikan tugas membuat bukan orang sembarangan tetapi orang yang ditunjuk masyarakat karena keistimewaannya dan kemampuan spirituilnya. Kegiatan spirituil merupakan kegiatan utama bagi peradaban manusia ketika mereka menyadari adanya kekuatan ghaib yang menguasai kehidupan mereka. Dengan segala kekuatan hati mereka berusaha menyentuh kekuatan itu melalui upacara upacara spirituil dengan berharap kehidupan dilindungi dan menjadi lebih baik. Spirituil adalah kebutuhan dasar manusia karena menyentuh jiwa yang memakai raga untuk menjalankan kehidupan didunia yang berarti setiap jiwa yang berada didunia ini akan selalu ingin mendekatkan dirinya pada sebuah kekuatan alam yang sangat diyakini akan memberikan kehidupan yang diinginkan.
Ada semacam rasa yang tidak dapat dianalisa oleh siapapun karena rasa itu telah ada dari sejak manusia menghuni bumi dan apabila kita mengatakan bahwa ini merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa maka hal ini berarti segala hal yang menyangkut rasa merupakan salah satu kehidupan yang diciptakan olehNya pada diri manusia dengan segala kelengkapannya. “Dimana kita dapat merasa, disitulah kita hidup.”
Kalimat sederhana tetapi mempunyai makna yang kuat dimana rasa sangat mendominasi kehidupan manusia didunia ini. Sebagai ungkapan dari setiap perasaan yang timbul, manusia berbuat bermacam cara agar orang lain dapat merasakannya ataupun sekedar mengetahui. Ada semacam kekuatan naluri dimana rasa keindahan sudah berada didalam jiwa manusia begitu dia mengisi sebuah janin didalam kandungan dan hal ini akan dapat dirasakan ketika manusia memulai kehidupannya dan akan selalu berperan penting didalam mengisi segala sisi kegiatannya.
Untuk mengkomunikasikan gagasan atau pengalaman, mempertahankan hidup, dan untuk persembahan/ religious itu yang mendorong orang-orang untuk menciptakan seni. Seni berasal dari hasil budi daya atau cipta, rasa, karsa manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seni juga merupakan hasil ekspresi manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya kreatif untuk memberikan kesan Estetik atau harmonisasi dari Artistik atau daya tarik.
Sejarah seni di Indonesia membentangkan jalan panjang yang selalu menarik untuk ditapaki kembali. Setiap era yang pernah terjadi di Indonesia memberikan corak tersendiri yang berbeda dengan era-era lainnya. Sejarah panjang seni di Indonesia telah dimulai jauh  sejak zaman prasejarah hingga zaman modern kini. Dan hingga kini, catatan panjang seni di Indonesia masih terus berkembang. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya dengan beragam suku, agama dan budaya yang tersebar diseluruh gugusan pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Setiap suku memiliki seni dan budayanya masing-masing yang menunjukkan keanekaragaman dan kekayaan budaya yang luar biasa, disamping kekayaan alam yang sangat melimpah.  
Kekayaan sumber manusia, budaya dan alam ini merupakan suatu potensi yang sangat besar untuk bisa diapresiasikan dan dikembangkan kepada generasi muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Dengan demikian, kebudayaan lokal tersebut dapat tumbuh dan berkembang, Dan kekayaan budaya tersebut sarat dengan simbol-simbol yang mengandung kearifan lokal. 

Untuk menjawab tantangan tersebut dan mentransfer keilmuan tentang seni... saya akan berbagi tentang tata cara dan metode seni yang tertuang dalam perangkat mengajar yang terdiri dari :
KI dan KD Edisi Revisi 2016
Silabus Edisi 2016
Analisis Keterkaitan SKL, KI KD
Prota
Prosem dan
RPP Full

Yang dapat diunduh pada link yang telah saya sediakan 
Monggoooo.....!!!!!

KI dan KD Seni Budaya Kelas VII edisi revisi 2016 Download
Silabus Seni Budaya Kelas VII edisi revisi 2016 Download
Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Seni Budaya Kelas VII Download
PROTA Seni Budaya Kelas VII Download
PROSEM Seni Budaya Kelas VII Download
RPP Seni Budaya Kelas VII Full Semester 1 dan 2 Download