Selamat Datang dan Berkunjung di Blog Sederhana ini, Semoga Bermanfaat"Salam Cinta Damai"-Asep Jamaludin...

Monday, December 5, 2016

Siapa Sahabat Terbaik Kita?

Kutipan Tausiah dan Nasehat AA Gym

Dari ibnu Abbas r.a. Menceritakan bahwa Rosulullah pernah ditanya, Wahai Rosulullah manakah diantara kawan-kawan kami yang terbaik?
Beliau menjawab, ;“Seseorang yang dengan melihatnya mengingatkan kalian kepada Alloh, Dengan perkataannya bertambah amal kebaikan kalian, Dan amal-amalnya mengingatkan kalian kepada akherat. “.
( HR. Abu Ya’la)
Dalam sebuah hadits Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman dalam sabda beliau :

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Mari kita tafakur siapa sahabat terdekat kita, karena akan sangat mempengaruhi hati dan perilaku kita.